Cara Ampuh Agar Anak Suka Makan Sayur

anak tidak suka sayur

Banyak anak anak tidak suka sayur karena mereka menganggap bahwa sayuran merupakan makanan yang tidak enak sehingga anak anak tidak tertarik untuk mengkonsumsi sayur ini. Namun perlu untuk diketahui bahwa anak yang tidak suka sayuran berisiko mengalami obesitas (kelebihan berat badan). Sedangkan obesitas itu merupakan awal pemicu suatu penyakit yang berbahaya, maka dari itu berilah cara agar anak doyan makan sayur. Beberapa cara agar anak doyan makan sayur ialah sebagai berikut:

anak tidak suka sayur

  1. Jadikan mengkonsumsi sayuran merupakan saat saat yang menyenangkan

Setiap anak anak pasti sangat suka bermain dan berandai andai ketika mereka menjadi sesuatu. Sayur brokoli dapat mengintimidasi anak yang suka keju ataupun makarani. Namun bila mereka menyukai karakter seekor dinosaurus yang sering memakan pohon pohon agar dapat mengejar tyrannosaurus rex, anak pasti dijamin akan gembira bila mengkonsumsi brokoli karena sebagai miniature pohon.

  1. Memberi contoh

Pola makan anak biasanya mengikuti pola orang tua nya. Bila setiap hari dimenu makanan sang anak tidak ada sayuran nya jangan harap anak mau mengkonsumsi sayuran. Kebanyakan dan biasanya anak anak makan menurut yang dia sukai dan mereka tidak akan makan tanpa mereka mengetahui makanan tersebut.

  1. Jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya

Salah besar jika anda melakukan hal ini, yaitu memaksa anak untuk mengkonsumsi makanan yang tidak dia sukai dengan maksud agar si anak menyukai makanan tersebut. Bila dilihat lebih dalam lagi mengenai efek ini memaksa justru akan menimbulkan pengalaman makan yang negatif  bagi sang anak.

  1. Mengajak anak untuk terlibat dalam pembuatan makanannya mereka

Anak anak akan lebih tertarik dengan makanan yang dia konsumsi bila mereka ikut menyiapkan makanannya. Bunda bisa membawa anak bunda ke pasar tradisional, disitulah biarkan mereka memilih satu atau dua sayuran yang akan dimasak. Hal seperti ini dapat membuat anak tertarik untuk memakan sayuran yang telah dipilih oleh si anak. Selain itu bunda juga bisa mengajak anak untuk menanam sayuran atau mengajak anak untuk membantu mencuci sayuran sampai menyiapkan sayuran diatas meja makan. Dengan begitu anak akan merasa bangga serta lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran.

  1. Membuat sajian makanan menjadi bentuk yang menarik

Anak anak biasanya akan lebih tertarik dengan makanan yang disajikan dengan bentuk bentuk yang menarik. Anak anak juga lebih suka bila makanannya tidak dicampur. Anda bisa membuat bentuk makanan anak anda dengan bentuk wajah yang tersenyum atau dengan bentuk hati.

Sebagai orang tua harus pintar dalam membuat trik dan mengolah sayuran agar anak doyan memakan sayuran. Pastikan tips paling jitu ialah dengan anda memberi contoh kepada anak anda untuk mengkonsumsi sayuran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*