Macam-Macam Penyakit Kekurangan Vitamin

Vitamin merupakan salah satu senyawa organik atau sebuah zat yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Seperti vitamin dapat menjadi pengatur atau enzim dalam proses metabolisme di setiap organisme.

Vitamin memegang peran penting dalam tubuh kita semua, karena peran vitamin ini tidak dapat digantikan dengan jenis senyawa lainnya. Sebenarnya tubuh hanya memerlukan senyawa vitamin ini dalam jumlah yang tidak banyak.

Namun bila kebutuhan senyawa ini terabaikan akan menjadi terganggunya sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa vitamin ini memiliki peranan yang spesifik bagi tubuh, sekaligus juga memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Di dalam tubuh diperlukan sekitar tiga belas jenis vitamin yang bermacam-macam seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan vitamin B kompleks (yang terdiri dari vitamin B6, vitamin B12, thiamin, asam pantotenat, niasin, biotin, riboflavin dan folat).

Dari semua jenis vitamin tersebut mereka bersumber dari sayuran, buah buah an dan juga suplemen dari makanan. Maka bila tubuh kekurangan vitamin akan menimbulkan penyakit kekurangan vitamin dari setiap jenis vitamin yang ada.

Beberapa Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin

  • Penyakit Kekurangan Vitamin A

Vitamin A memiliki nama lain yaitu biokimia retinol. Dilihat dari sisi kesehatan vitamin A adalah vitamin larut lemak yang disintesis dari beta karoten yang ada di dalam tubuh. Vitamin A sendiri memiliki sifat antioksidan, lalu apa penyakit kekurangan vitamin A ini?

Bila kita mengalami kekurangan vitamin A akan berakibat dalam gangguan pada penglihatan (mata), timbul penyakit kulit, infeksi saluran kemih, menghambat pertumbuhan anak serta terganggunya sistem imunitas.

Semua penyakit itu terjadi bila kita kekurangan vitamin A, terlebih dalam sistem imunitas ini vitamin A sangat berperan penting dalam proses pembentukan sel. Disaat tubuh kekurangan vitamin A otomatis yang terjadi pada tubuh dalam sistem imun nya juga akan terganggu seperti mengalami penurunan.

Bila hal ini terjadi maka seseorang akan lebih rentan menghadapi ancaman dari berbagai penyakit seperti flu, batuk, pilek, demam, pusing hingga penyakit kronis lainnya.

  • Penyakit Kekurangan Vitamin B

Karena vitamin B ini ada berbagai macam nya dan memiliki manfaat masing masing dari setiap macam nya maka berikut beberapa akibat penyakit kekurang vitamin B kompleks.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B1 (Thiamin)

Thiamin adalah jenis vitamin yang mudah larut di dalam air. Bila tubuh kekurangan vitamin B1 ini akan mengalami penyakit seperti masalah pada kulit, penyakit beri-beri, sindrom Wernicke Korsakoff, gangguan mental, sembelit, hilang nafsu makan hingga penyakit gagal jantung.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 ini dapat bersumber dari susu, kedelai, kuning telur serta sayuran yang segar. Bila kekurangan vitamin B2 ini dapat mengakibatkan penyakit seperti gangguan pada bibir dan juga gangguan pada penglihatan.

Bukan hanya vitamin A saja namun vitamin B2 juga mampu mengakibatkan terjadinya gangguan pada penglihatan mata. Bila kekurangan  riboflavin ini akan mengakibatkan penyakit katarak dan keratitis.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B3 (Niasin)

Niasin adalah jenis vitamin yang banyak ditemukan dalam produk hewani seperti ikan, ginjal, hati hingga daging unggas. Manfaat niacin sangat penting untuk tubuh karena dapat menetralisir berbagai jenis racun.

Maka bila kekurangin vitamin B3 ini akan mengakibatkan penyakit seperti gangguan pencernaan, gangguan mental dan pellagra. Pellagra sendiri merupakan penyakit yang ditandai dari kondisi gangguan kulit, otak dan saluran pencernaan.

Gangguan ini akan bersifat menetap sehingga bagian tubuh yang terkena akan menjadi bersisik serta timbul warna kecoklatan.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Asam pantotenat merupakan enzim yang memiliki berbagai fungsi bagi sistem metabolisme tubuh, seperti metabolism protein, karbohidrat dan juga lemak. Bila kekurangan vitamin B5 ini dapat mengakibatkan kerontokan rambut sekaligus timbulnya uban, kelelahan, deperesi, timbulnya jerawat, tubuh akan lebih rentan mengalami infeksi serta meningkatkan sensitivitas tubuh kepada insulin.

Bila anda memiliki potensi untuk terkena penyakit diabetes sebaiknya anda selalu menjaga asupan vitamin ini, karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 ini dapat membantu anda dalam mengontrol kadar gula darah.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B6 (Piridoksin)

Piridoksin merupakan salah satu golongan vitamin B kompleks yang larut dalam air. Bila kekurangan vitamin B6 ini akan mengakibatkan menjadi penyakit anemia, pyroluria dan skyzofrenia.

Penyakit anemia terjadi karena jumlah hemoglobin tidak mencukupi di dalam darah. Karena vitamin B6 ini berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin yang ada di dalam tubuh kita, bila kekurangan maka akan menyebabkan penyakit anemia.

Selain penyakit penyakit diatas bila kekurangan vitamin B6 ini juga dapat terjadi gangguan insomnia, masalah berat badan hingga berkurangnya dorongan seksual pada penderita.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin ini merupakan jenis vitamin yang cukup stabil dalam berbagai kondisi lingkungan seperti panas, oksigen serta paparan cahaya matahari. Bila kekurangan vitamin B7 ini akan mengakibatkan anoreksia, anemia, dermatitis, gangguan elektrokardiografi dan penurunan imunitas.

Ketika seseorang mengalami gangguan pada sistem daya tahan tubuhnya maka hal yang terjadi pada tubuhnya akan sangat rentan mengahapi serangan virus atau bakteri yang sangat berbahaya.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B9 (Folat)

Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting terlebih bagi ibu hamil karena dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi. Bila tubuh kekurangan vitamin B9 ini mengalami risiko pada bayi lahir yang dalam kondisi cacat.

Selama kehamilan asam folat ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin dalam kandungan. Kekurangan asam folat di masa kehamilan minggu pertama hingga minggu ke empat dapat menyebabkan cacat bawaan bayi. Selain itu bila kekurangan asam folat dapat menjadikan masalah dalam selama masa kehamilan.

  1. Penyakit Kekurangan Vitamin B12

Peran dari vitamin B12 ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja otak, sistem saraf dan pembentukan darah. Bila tubuh kekurangan vitamin B12 ini dapat mengakibatkan masalah pada detak jantung dan gangguan pernafasan. Disarankan untuk anak mendapatkan asupan yang cukup dari vitamin B12 ini karena bila kekurangan dapat mengakibatkan gangguan pernafasan seperti asma.

  • Penyakit Kekurangan Vitamin C

Nama lain dari vitamin C ialah asam karbonat yang merupakan salah satu antioksidan dimana fungsi dari antioksidan dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh ataupun menangkal radikal bebas.

Sumber dari vitamin C dapat berasal dari buah dan sayuran, bila kekurangan vitamin ini dapat membuat tubuh mengalami penurunan imunitas, masalah gigi dan gusi, masalah pada kulit, masalah pada jantung serta masalah persendian dan tulang.

Hal ini terjadi karena vitamin C berpengaruh terhadap kekuatan tulang dan sendi dimana bila tubuh kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kinerja tulang dan sendi menjad