Penyebab Anak Gampang Sakit Yang Disebabkan Dari Orang Tua

anak gampang sakit

Setiap orang tua pasti menginginkan anak nya tumbuh sehat tanpa merasakan sakit yang serius sehingga orang tua akan selalu menjaga kesehatan anak nya. Bila anak gampang sakit pasti akan membuat pikiran orang tua bertambah, sayangnya tanpa disadari oleh para orang tua lah yang membuat anak gampang sakit. Lalu apakah penyebab dari anak gampang sakit itu? Berikut beberapa penyebab anak gampang sakit yang secara tidak langsung di sebabkan oleh orang tua nya sendiri:

anak gampang sakit

  1. Membuat rumah selalu bersih

Dalam menjaga kebersihan antara rumah tinggal dengan rumah sakit itu berbeda. Rumah tinggal tidak perlu dijaga kebersihannya hingga hiegienitas seperti di rumah sakit. Karena dirumah sakit tempat berkumpulnya para pasien yang sedang memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga membutuhkan standar hiegienitas nya lebih besar dengan maksud tujuan agar orang orang yang ada di sekitarnya seperti penjenguk dan pekerja disana tidak ketularan.

Sedangkan rumah yang terlalu bersih dapat membuat anak kurang bersentuhan dengan berbagai bakteri maupun virus yang merupakan penyebab anak gampang sakit. Anak perlu dilatih untuk menghadapi bakteri maupun virus supaya daya tahan tubuh nya kuat.

  1. Sering membersihkan dot ataupun teether anak yang jatuh

Orang tua pasti akan selalu khawatir dengan kebersihan dot, teether ataupun mainan anak yang dapat masuk ke dalam mulut. Terlebih bila dot maupun empeng (teether) anak jatuh ke lantai orang tua pasti akan langsung membersihkan dot ataupun empeng si anak. Membersihkan benda yang sering masuk ke mulut anak dengan air panas atau air hangat memang dapat membuat steril benda tersebut. Namun tahukah bunda bila anda sering membersihkan alat dot dan empeng anak akan membuat anak rentan terhadap kuman dan bakteri yang ada disekitarnya.

  1. Khawatir ketika cuci piring dengan menggunakan tangan

Spons serta peralatan makan yang bebas pakai memang sangat kotor dan penuh dengan bakteri penyebab dari anak gampang sakit. Namun ternyata ketika anak sedang mencuci piring dan terpapar bakteri ini baik untuk menguji daya tahan tubuh sang anak.

  1. Memberikan terlalu banyak sabun kepada anak

Memberikan terlalu banyak sabun anti bakteri dengan volume air yang banyak memang terlihat anak menjadi bersih. Namun nyata nya akan membuat kulit anak menjadi kering dan membuat pertahanan tubuh anak terhadap bakteri menjadi lemah. Sebenarnya anak hanya membutuhkan basuhan yang sederhana hanya untuk membuat kotoran yang ada di kulit anak pergi. Tidak perlu menggunakan sabun dan air yang berlebihan untuk membuat kuman dan bakteri menjauh.

Jangan terlalu hiegienis dalam hal seperti diatas, namun anda juga tetap harus berhati hati dalam memilih produk kebersihan untuk anak. Membersihkan badan dengan mandi secara rutin dan bersih bersih seperlunya dapat membantu sistem imun untuk beradaptasi dengan banyak kondisi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*